SAP (System Application and Product in Data Processing)

Logo SAP
SAP (System Application and Product in data processing ) adalah suatu software yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif. SAP merupakan software Enterprise Resources Planning (ERP), yaitu suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

SAP terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi/terhubung yang satu dengan lainnya. (kutip dari masbukin-sap imlu-komputer.com)

kali ini aku buat tulisan tentang ini, di karenakan akhir akhir ini aku sering berinteraksi dengan makhluk yang namanya SAP. Lebih tepatnya ABAP, ABAP adalah bahasa pemrograman yang di gunakan untuk membuat program program di SAP. Kalo di lihat lihat bahasa ABAP mirip mirip dengan bahasa PL/SQL di oracle. yang menarik dari SAP menurutku, dengan adanya RFC, SAP bisa terkoneksi dengan berbagai bahasa pemrograman yang lain, misalnya php, vb, dan lain lain. JIka orang yang sudah terbiasa dengan bahasa query, tidak sulit bagi nya untuk mempelajari ABAP. Untuk lebih jelas tentang SAP silahkan baca disini karena pengantar tentang SAP cukup jelas disitu.

, ,

Leave a comment

Stanford Engineering Everywhere

Stanford Engineering Everywhere,  adalah sebuah portal online yang menawarkan sepuluh program studi dari Stanford School of Engineering-termasuk kursus tiga urutan perkenalan Ilmu Komputer bebas biaya(hasil terjemahan google translate). Mungkin bisa di bilang semacam E learning nya stanford. Aku sampai ke situs ini karena ga tahu kenapa blog ku yang chococinoku.blogspot.com banyak di kunjungi oleh orang orang dari mountain view US. Ini aku tahu dari hasil globetrack, setelah sampai di mountain view dengan bantuan om google, ternyata mountain view merupakan bagian dari california, dan akhirnya sampailah aku disebuah situs kampus yang bernama Stanford itu. Browsing browsing disitusnya stanford aku menemukan program yang di beri nama Stanford Engineering Everywhere. Ada beberapa mata kuliah pengantar Ilmu Komputer yang  bisa di download gratis disitu. untuk lebih jelasnya silahkan kunjungin situsnya. Materi materi yang di berikan antara lain

Introduction to Computer Science

Artificial Intelligence
Linear Systems and Optimization
Buat kamu kamu yang ingin memperdalam ilmu dibidang Ilmu Komputer/Informatika situs ini merupakan situs yang bagus untuk di kunjungi.

,

Leave a comment

wordpress[dot]com vs blogger[dot]com

akhir akhir ini lagi semangat semangat nya menulis, tapi yang di tulis bukan tulisan tulisan seperti yang ada di blog ini, aku ngebuat blog baru di blogger[dot]com, chococinoku[dot]blogspot[dot]com, itu nama blogku yang barum berisi tulisan tulisan yang berasal dari hati bukan dari otak, ce ileh … ckckckc …

karena aku punya blog juga di blogger[com] aku jadi tertarik untuk buat tulisan perbandingan antara wordpress[com] dengan blogger[dot]com. tulisan mengenai ini sudah ada di bahas oleh orang sebelumnya di blog ini .

berikut perbandingan secara objektif antara blogger[dot]com dengan wordpress[dot]com

Feature Blogger.com WordPress.com
Themes and customization Kita bisa mengubah template layout, styles dan warna atau menginstal third party theme. Tidak ada template editing, style sheet editing hanya ada untuk yang berbayar. ada beberapa themes yang memperbolehkan mengupload header image, dan beberapa memiliki pilihan kustomisasi.
Visitor stats Bisa menggunakan third party script atau yang lainnya. Tidak mengijinkan penggunaan script, pada bagian admin dashboard terdapat bagian khusus untuk melihat chart visitor.
Import Hanya dari blogger[dot]com lainnya Bisa dari Blogger, Yahoo! 360 (new), Type·Pad, Live·JournaI, MovabIe·Type atau wordpress blog lainnya.
Image storag 1 Gigabyte, tidak ada antar muka untuk membrowse gambarnya kecuali anda bergabung dengan picasa web albums. 3 Gigabytes, dengan berbayar maka akan lebih besar lagi, bisa upload .ppt .doc .odt dan pdf files, dan lebih banyak jenis file lagi jika berbayar.
Galleries Menggunakan picasa album Dengan menambahkan tag pada postingan atau page.
Static pages Tidak ada Membuat post atau page, pembuatan page pada menu yang berbeda.
Categories ‘Labels’. ‘Categories’.
Optional excerpts Tidak ada. Beberapa themes membolehkan text unik. lainnya tergantung pada banyaknya tag.
Post by email Submit post dengan menggunakan email. dapat menerima posts baru melalalui email juga. Submit post melalui email, gambar dapat di attach kemudian.
Contact forms Tidak ada, namun bisa dengan menggunakan third party. Tinggal menambahkan tagpada post atau page.
Private blogs Dapat mebatasi akses hanya kepada akon google yang di undang.
Anda dapat membatasi akses ke 35 akon wordpress yang diundang(tak terbatas jika yang berbayar).
Atau, setiap posting dapat dilindungi password atau Pribadi.
Team blogs administrator dan bukan administrator. Administrator, Editors, Authors and Contributors.
Comments Visual konfirmasi dan pilihan moderasi, tetapi tidak mengedit komentar.
Moderasi, mengedit komentar dan perlindungan spam Akismet.
Widgets Liat tabel berikutnya

Blogger comments:

Pengunjung dapat mempreview comment serta dapat memilih untuk menerima follow up comment melalui email.

WordPress comments:

pada awal 2009 wordpress[dot]com menggunakan follow up menggunakan email dan comment. wordpress lebih memiliki banyak option comment than blogger, namun ada sedikit masalah pada akismet spam protection. mengenai hal itu lihat disini
http://en.forums.wordpress.com/topic.php?id=16584

Widgets compared:

BlogSpot Widgets
Add a Gadget Aplikasi pada blog yang terdapat pada menu side bar.
Followers Menampilkan list yang mengikuti blogmu.
Blog List Menampilkan apa yang kamu baca dengan menggunakan blogroll dari favorit blog kamu.
Subscription Links Membolehkan pembaca dengan mudah untuk men subscribe di blog mu dengan popular feed readers.
Slideshow Menambahkan slideshow photo pada blogmu.
Newsreel Otomatis mebambah headlines dari google news to your blog.
Video Bar Menampilkan clip dari YouTube atau Google Video untuk pembaca tanpa harus meninggalkan halaman.
List Menambahkan list dari buku favorit, film atau apa aja yang kamu suka.
Link List Menambah koleksi dari favorit sites, blog atau webpages.
Picture
[for the sidebar]
Menambahkan gambar dari komputer atau dari link yang ada di internet.
Text Menambahkan kata kata pada blog, misalnya welcome message.
HTML/JavaScript Menambahkan fungsionalitas third party atau kode yang lain pada blog.
AdSense Menghasilkan pemasukan dengan mendisplay relevant ads pada blog.
Feed Menambah content dari site feed ke dalam blog.
Labels [categories] Menampilkan kategori atau label pada blog.
Logo Menambhkan logo pada blog.
Profile Menampilkan informasi tentang diri.
Page Header Menampilkan titel blog dan deskripsinya.
Blog Archive Menampilkan link ke post lama.
Poll Menambahkan poling.
WordPress.com Widgets
Akismet | Archives | Blog Stats | Box.net file sharing | Calendar | Categories | del.icio.us | Flickr | Links | Meebo | Meta | Pages | Platial MapKit | Recent Comments | Recent Posts | RSS | Search | Sonific Songspot | Tag Cloud | Text | Top Clicks | Top Posts | Vod:Pod Videos | Twitter | Gravatar

Secara subjektif aku menilai wordpress terlalu berat, editornya terlalu ribet walaupun lengkap, namun dari segi kebutuhan untuk statistik blog wordpress sangat bagus. fungsionalitas wordpress akan sangat bagus apabila kita bisa menggunakan yang berbayar. kalo blogspot lumayan bagus untuk pemula karna tidak ribet, template nya banyak yang bagus untuk personal blog, selain itu pula dengan di allow nya javascript/html pada widgetsnya membuat kita bisa memanipulasi blog untuk lebih kreatif.

, ,

Leave a comment

Photoscape Photo Editor

wah udah lama ga posting nih,…
maklum, aku sibuk dengan nama urusan Tugas Akhir,
Alhamdulillah akhirnya kelar juga, dan sekarang statusku bukan mahasiswa lagi

tulisan kali ini tentang software photo editor yang namanya photoscape
aplikasi bisa di download disini
tawu aplikasi ini dari temen,
dia seneng bgt utak atik photo pake aplikasi ini dan hasilnya bagus
sayang aplikasi ini untuk otak atik photo ga seampuh photoshop
namun baguslah untuk pemula, yang tinggal make tools2 yang disediakan
framing diaplikasi ini bagus,
Photo Editor ini bagus di pake buat newbie yang sukanya narsisan untuk editing photo close up …
coba download aja dan install, aplikasi ini freeware … selamat mencoba

, , ,

Leave a comment

ASP .Net, VB .Net, MS Acces 2007, IIS 5.1, .Net Framework 2.0

wah dari judulnya panjang banget dah .., emang tulisan gw kali ini akan memuat tentang ASP .net dengan menggunakan database MS Acces 2007 dengan Web Servers IIS 5.1 , .NET Frame work 2.0 dengna bahasa pembangun web VB .Net, tulisan kali ini akan berisi contoh program yang di bangun menggunakan itu semua diatas. Program sederhana yang bisa menampilkan data, serta menghapus data. program ini menggunakan database mahasiswa dengan tabel datamahasiswa yang terdiri dari 3 field nim, nama, kelas yang masing masing bertype text. untuk contoh program nya bisa di download disini.

, , , , , ,

Leave a comment

Meningkatkan Kecepatan Load File Mozilla Fire Fox Kamu


increase ur mozilla speed, mozilla merupakan browser yang banyak di pake sekarang, terutama di indonesia. jika kamu kurang puas dengan kecepatan mozilla kamu yang sekarang berikut ini aku akan berbagi trik untuk meningkatkan kecepatan mozilla firefox kamu.

1. Pada addres bar, tuliskan about:config kemudian enter. klik button yang muncul.
2. pada field filter, tulis network.http, cari nilai boolean network.http.pipelining, ubah nilainya dari false menjadi true, dengan cara mengklik nilai falsenya.
3. Setelah itu cari nilai network.http.pipelining.maxrequests pada, dan ubah nilai max requestnya, default dari browser bernilai 4, di ubah menjadi 8.
4. Kemudian cari nilai network.http.proxy.pipelining, ubah menjadi true juga.
5. Ketikkan pada filter network.dns, kemudian cari  nilai network.dns.disableIPv6 diubah menjadi true.
6. Kemudia klik kanan di sembarang tempat pada jendela, pilih new kemudian tuliskan content.interrupt.parsing dan set nilai menjadi true.

itu langkah langkah untuk meningkatkan kecepatan webbrowser anda,

sumbernya :
http://www.ehow.com/how_2220774_increase-speed-mozilla-firefox.html

aku udah nyoba , dan emang kerasa banget kecepatannya bertambah …

, , , ,

Leave a comment

One Time Pad Algorithm

Pada kali ini saya akan mencoba mengeshare salah satu program chyper dengan algoritma
One Time Pad …, dimana key dari chyper di bangkitkan secara random …
download aplikasi disini

Sebenarnya OTP disini mirip dengan Vigenere, hanya bedanya kunci di bangkitkan secara random …
mohon maaf jika ada kesalahan pemahaman dari saya …
mohon di koreksi,terimakasih …

, , , , ,

Leave a comment